Kamis, 16 Februari 2012

Beberapa Perkataan ‘Ulama tentang Urgensi Samt


Beberapa Perkataan ‘Ulama tentang Urgensi Samt


Alhamdulillaah bini'matihi tatimmussholihat...
Sesungguhnya samt (perilaku/baiknya penampilan dalam perkara agama) merupakan akhlak agung yang dimiliki para Nabi. Akhlak ini akan memakaikan baju kewibawaan dan kemuliaan kepada pemiliknya, serta akan menghiasinya dengan keteguhan dan ketenangan.

Orang yang melihat perjalanan hidup para salaf akan mengetahui bahwa mereka lebih bersemangat untuk mempelajari perangai yang baik daripada ilmu yang merupakan kecerdasan dan kilauan akal.

Ibnu Muflih rahimahulloh berkata :
Dahulu majelis (Al Imam) Ahmad dihadiri sekitar 5000 orang atau lebih. Yang menulis kurang dari 500 orang. Adapun sisanya, belajar adab dan samt yang baik dari beliau.
(Al Adab Asy Syar'iyyah #2/12)

Ibnul Jauzi rahimahulloh berkata :
Sungguh dahulu ada sekelompok salaf yang sengaja pergi menuju seorang hamba yang sholih untuk melihat samt dan hadyu, bukan untuk mengambil ilmunya. Karena hadyu dan samt merupakan buah dari ilmunya.
(Shaidul Khathir hal.216)

Ibrahim An Nakha'i rahimahullah berkata :
Dahulu bila mereka mendatangi seseorang untuk mengambil ilmu darinya, mereka melihat terlebih dahulu kepada shalatnya, samt dan penampilannya. Setelah itu barulah mereka mengambil ilmu darinya.
(Al Adab Asy Syar'iyyah #2/149)

Janganlah engkau lupa bahwa samt dan ilmu merupakan pasangan. Samt tidaklah akan sempurna kecuali dengan ilmu, dan ilmu juga tidak akan sempurna kecuali dengan samt.
Allohua'lam

(Muqaddimah At Tajj al Mafquud - Abu 'Abdillah Faishal bin Abduh Qa'id Al Hasyidi)

Dulu, terkait dengan dakwah dan orang-orang yang mengembannya, Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i, berkata : "Jika sebuah dakwah sudah tergiur dengan gemerlap dunia atau seorang da'i sudah lebih memilih kesenangan dunia ketimbang yang lain, ketahuilah, ini adalah tanda dari tanda-tanda penyimpangannya."
(Dikutip secara bebas; Prakata Penulis "Sejarah Salafi di Indonesia" - Abu Mujahid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar...