Sabtu, 01 Januari 2011

SEBAGIAN SMS NASEHAT YANG PERNAH ANA KIRIMKAN KEPADA PARA IKHWAN

SEBAGIAN SMS NASEHAT YANG PERNAH ANA KIRIMKAN KEPADA PARA IKHWAN

Bismillah.

Kebenaran adalah harta kaum muslimin. Dimanapun antum menemukannya maka ambillah. Jazakumullohu khoiron. Baarokallohu fiikum.

Arti Al Qur’an surat Al Asr’ ayat 1 – 3 :
1. Demi massa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” Itu dalil ana mengirim sms kepada antum. Lalu dalil antum apa ? Baarokallohu fiikum.

“……. Termasuk contoh kekuatan nasehat dan ikhlas pada sejarah salaf, apa yang terjadi pada Ali radhiyallahuanhu dalam perang tanding sebelum dimulainya peperangan, beliau mengalahkan lawannya dan menjatuhkannya ke tanah, ketika beliau hendak memukulnya dan membunuhnya dengan pedang, orang itu meludahi muka beliau, maka beliaupun tidak jadi membunuhnya, lantas ditanya mengapa anda tidak membunuhnya. Jawab beliau : TADINYA SAYA INGIN MEMBUNUHNYA KARENA ALLOH, TAPI ORANG ITU MELUDAHI SAYA, SEHINGGA SAYAPUN MARAH, SAYA TAKUT JIKA SAYA MEMBUNUHNYA KARENA KEPENTINGAN PRIBADI BUKAN KARENA ALLOH. Lihat bagaimana salaf menahan diri, ini adalah taufik dari Alloh yang tidak akan didapatkan kecuali dengan muroqobah (merasa diawasi oleh) Alloh sehingga bisa menahan diri dengan baik. Ini semua berasal dari kekuatan ikhlas karena Alloh. Ketika Alloh tahu kejujuran niat dan keikhlasannya, Alloh pun melindunginya dari segala sesuatu. ….”. (Kutipan nasehat Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin Amir Ar-Ruhaily hafidzohuilloh).

Islam satu-satunya agama yang dipilih oleh Alloh Ta'ala: "Sesungguhnya agama di sisi Alloh adalah Islam". (QS Ali Imran:19). Agama yang haq ini telah disempurnakan Alloh Ta'ala dalam segala segi, segala yang dibutuhkan hamba untuk kehidupan dunia dan akhiratnya telah dijelaskan, sehingga tidak luput satu percakapan melainkan Islam telah mengaturnya. Alloh Ta'ala berfirman: "Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian dan telah Kusempurnakan nikmat-Ku bagi kalian dan Aku ridha Islam sebagai agama kalian." (QS AL Maidah:3). Rasululloh telah menunaikan amanah dan menyampaikan risalah dengan sempurna. Maka tidaklah beliau wafat melainkan telah menjelaskan kepada umatnya seluruh apa yang mereka butuhkan. Dengan kesempurnaan yang dimiliki, syariat Islam tidak lagi memerlukan penambahan, pengurangan, ataupun perubahan yang diistilahkan BID'AH DALAM AGAMA yang diperingatkan dengan keras oleh Rasululloh: "Sesungguhnya sebai-baik ucapan adalah ucapan Alloh dan sebaik-baik ajaran adalah ajaran Rasululloh. Dan sesungguhnya sejelek-jelek perkara adalah sesuatu yang diada-adakan (dalam agama), karena sesungguhnya sesuatu yang baru diada-adakan (dalam agama)adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah kesesatan." (HR Muslim nomor 867).

Perkataan 4 Imam Mazhab untuk mengikuti sunnah :
1. Imam Abu Hanifah : “Apabila hadits itu shohih, maka hadits itu adalah madzhabku.” “Tidak dihalalkan bagi seseorang untuk berpegang pada perkataan kami, selagi ia tidak mengetahui dari mana kami mengambilnya.”
2. Imam Malik bin Anas : “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia yang salah dan benar. Maka perhatikanlah pendapatku. Setiap pendapat yang sesuai dengan kitab dan sunnah, ambillah dan setiap yang tidak sesuai dengan al Kitab dan Sunnah, tinggalkanlah.”
3. Imam Asy Syafi’I : “Kaum muslimin telah sepakat bahwa barang siapa yang telah terang baginya sunnah Rasululloh shallallahu alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya karena untuk mengikuti perkataan seseorang.”
4. Imam Ahmad bin Hambal : “Barang siapa yang menolak hadits Rasulullah sallallahu wa sallam, maka sesungguhnya ia telah berada di tepi kehancuran.”
Alloh berfirman: “Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, …..” (Q.S. An Nisa’ : 65). (Disadur dari Mukaddimah Kitab Shifatu Shalatiin Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Karya Al Imam Al Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al Albani).

Manhaj salaf :
1. Jalan kebenaran hanya satu; Al Qur'an dan As Sunnah dengan pemahaman salafussholih.
2. Ilmu paling penting ; ilmu-ilmu Al Qur'an dan Al Hadits dengan penafsiran para sahabat dan tabi'in.
3. Berpegang dengan As Sunnah dan mencintai serta mengamalkannya dalam segi kehidupan jaminan keselamatan dunia dan akhirat.
4. Menjauhkan diri dari bid'ah, membencinya dan membersihkan ilmu dan amal dari kotoran bid'ah dan membenci ahlul bid'ah pagar melindungi sunnah dan pengamalannya.
5. Ahlul bid'ah; orang-orang yang menampakan sesuatu dalam agama yang tidak ada contoh dari orang sebelumnya melakukan hal itu dan tidak ada sandaran (dalil)nya.
Ahlus sunnah; orang yang membela sunnah dan mengambil hukum sesuai dengannya dan berupaya melindunginya dari kerusakan.
Orang awam; mereka yang hanya mengikuti ulama mereka karena ulama mereka mewajibkan untuk mengikuti apa saja yang ditetapkan bagi mereka.
6. Mengkritik, menyalahkan dan membicarakan penyimpangan ulama ahlus sunnah harus dengan bimbingan ulama pula.
7. Mengambil ilmu dan riwayat dari ahlul bid'ah tugas para ulama dan bukan tugas orang awam atau orang yang baru belajar agama.
8. Mencintai atau membela atau memuliakan ahlul bid'ah adalah penyimpangan manhaj.
MEMBANTAH TUDUHAN MENJAWAB TANTANGAN Tanggapan terhadap Selebaran Syarif Hazza-Yusuf Utsman Baisa oleh Ustad Ja'far Umar Thalib dan Ustad As Sewed). Sudahkan antum bermanhah salaf ? Lihat bahasa Indonesia www.aloloom.net/vb/forumdisplay.php?f=36.

… Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa ahlul bid’ah terdiri dari 2 golongan
a. Tokoh-tokoh yang membangun pola pikir bid’ah dan para ilmuwan yang membela bid’ah tersebut.
b. Orang awam yang membela bid’ah secara membabi buta tanpa melihat kebenaran.
Terhadap golongan kedua ini harus disampaikan ilmu dan hujjah dengan sabar dan lengkap, barulah kemudian diyakini bahwa orang tersebut adalah ahlul bid’ah atau bukan. Dengan demikian tidak dapat dipastikan pula bahwa orang yang berkata, berbuat dan berkeyakinan bid’ah itu sebagai ahlul bid’ah, karena kadang-kadang sebagian ulama juga mempunyai perkataan, perbuatan dan keyakinan bid’ah. Dengan keterangan di atas tidaklah ulama tersebut dianggap ahlul bid’ah sampai ada keterangan yang lengkap dari ulama lain tentang kebid’ahan ulama tersebut atau dianggap sebagai ahlul bid’ah, tetapi perkataan, perbuatan dan keyakinan bid’ah itu harus dibantah dan dijauhkan dari umat walaupun yang menyatakan, melakukan dan meyakininya itu adalah ahlus sunnah. …..
Dakwah hizbiyyah mengajak orang untuk memuliakan dan menjunjung tinggi serta mengikuti seorang atau beberapa tokoh suatu kelompok atau organisasi dengan tanpa hujjah dari Alloh dan Rosul-Nya. …. (MEMBANTAH TUDUHAN MENJAWAB TANTANGAN oleh Ustad Ja’far Umar Thalib dan As Sewed). Bagaimanakah hizbiyuyah terkini ? Simak lebih jauh : (www.aloloom.net/vb/forumdisplay.php?f=36)

....Maka aku nasehati kalian dengan menjaga lisan-lisan kalian dari turut campur ke dalam fitnah ini. Dan hendaklah kalian bersaudara diantara kalian. Dan siapa yang muncul diantara mereka sikap saling menjauhi, maka hendaklah mereka kembali kepada kebenaran. Syaikh Yahya termasuk orang paling afdhol dan memiliki kekuatan besar dan Syaikh Abdurahman termasuk orang yang paling afdhol dan memiliki kekuatan besar. Dakwah salafiyyah membutuhkan lebih dan lebih banyak lagi dari jumlah ini, membutuhkan pusat-pusat dakwah (markiz), butuh dakwah dan para da'i, dan seterusnya....
Walhamdulillah, di sana terdapat para ulama yang berakal yang telah berusaha untuk memadamkan fitnah ini. Maka tidak sepantasnya bagi orang-orang kecil (kalangan bawah) saling melakukan pergolakan dan saling berselisih. Yang ini condong kepada fulan, yang satu condong kepada yang lain, ini merupakan cara-cara ahli bid'ah, wahai para ikhwah !!!!, Mereka orang-orang yang tidak punya akal, yang tidak bisa membedakan, tidak memiliki kaidah dan prinsip. Sementara kalian punya prinsip dan kaidah-yang kalian bersandar kepadanya- terkhusus dalam menghadapi fitnah ini. Baarokallohu fiikum....
(Kutipan nasehat Syaikh Robi' kepada salafiyyin di Yaman dan selainnya tanggal 17-4-1429 H. Nasehat lengkap di www.salafy.or.id).

Kutipan nasehat Asy Syaikh Abu Abdillah Kholid Adh Dhohawi Adh Dhufairi-Kuwait: "Sungguh, kebenaran tidak diambil dari para tokoh, tetapi para tokoh itu yang diukur dengan kebenaran. Menghukumi suatu masalah dengan melihat kenyataan....
Kritikan yang terperinci lebih didahulukan dari pada pujian secara umum....
Orang yang mengetahui lebih didahulukan ucapannya dari pada yang tidak mengetahui....
Termasuk faktor utama terwujudnya persatuan adalah memutuskan sebab-sebab perpecahan. Dan termasuk dari sebab munculnya perpecahan adalah penyimpangan, kebid'ahan, dan fanatisme golongan....
Dengan ini barang siapa yang datang kepada kita dengan fanatisme golongan maka dialah yang menyebabkan perpecahan dan memecah belah salafiyyin. Sedangkan tahdzir dari salafiyyin dalam hal ini hukumnya wajib ! Bahkan tahdzir adalah termasuk sebab bersatunya manusia di atas kebenaran. Maka termasuk sebab terbentuknya persatuan adalah dengan mentahdzir orang-orang yang menyimpang dan mentahdzir ahlul bid'ah." Selesai. Tambahan dari ana (Abu Hanun): Zallah/ketergelinciran adalah kesalahan manusiawi yang mungkin saja terjadi pada setiap manusia kecuali Rasululloh yang ma'sum, TETAPI ada pula kesalahan yang munculnya dari manhaj, pemahaman atau aqidah yang bid'ah.

1 komentar:

Silahkan memberi komentar...